Thursday, March 28, 2013

Sejarah Awal Berdiri Perusahaan PT Smartfren Telecom


Smartfren merupakan produk dari Smart Telecom yang fokus di jaringan CDMA 2000, namun kini Smart Telecom telah bergabung dengan Mobile-8 Telecom (Fren) yang menghasilkan produk Smartfren.

PT Smartfren Telecom, Tbk. adalah operator penyedia jasa telekomunikasi berbasis teknologi CDMA yang memiliki lisensi selular dan mobilitas terbatas (fixed wireless access), serta memiliki cakupan jaringan CDMA EV-DO (jaringan mobile broadband yang setara dengan 3G) yang terluas di Indonesia. Smartfren juga merupakan operator telekomunikasi pertama di dunia yang menyediakan layanan CDMA EV-DO Rev. B (setara dengan 3,5G dengan kecepatan unduh s.d. 14,7 Mbps) dan operator CDMA pertama yang menyediakan layanan Blackberry.
Sejarah Awal Berdiri Perusahaan PT Smartfren Telecom
Perusahaan PT Smartfren Telecom
PT Mobile-8 Telecom Tbk (“Mobile-8” atau “Perseroan”) didirikan pada bulan Desember 2002. Pada tahun 2003, Perseroan mengakuisisi dua operator telepon selular berlisensi, yaitu Komselindo dan Metrosel, dan mulai beroperasi sebagai penyelenggara jasa selular dengan menggunakan basis teknologi CDMA. Layanan yang pertama kali diluncurkan oleh Mobile-8 adalah Layanan Selular Prabayar dengan brand “Fren” yang dioperasikan pada bulan Desember 2003 dengan berbasis jaringan CDMA 2000-1X.

Pada bulan April 2004, Mobile-8 meluncurkan Layanan Selular Fren Paskabayar pada jaringan yang sama. Lima bulan kemudian Perseroan mengakuisi satu lagi operator telepon selular berlisensi, yaitu Telesera. Perseroan juga serta merta menyelesaikan peralihan sistem telekomunikasi yang dioperasikan ketiga operator berlisensi yang diakuisi tersebut dari sistem selular analog menjadi sistem selular digital CDMA.

Pada tahun 2006, Mobile-8 memperkenalkan layanan 3G pada jaringan CDMA EVDO, serta melakukan pencatatan perdana saham pada Bursa Efek Indonesia (dahulu Bursa Efek Jakarta). Langkah-langkah Perseroan di pasar modal terus berlanjut, dimana pada tahun 2007 Mobile-8 berhasil menerbitkan obligasi Rupiah pertamanya yang juga dicatatkan di Bursa Efek Indonesia. Kemudian, Perseroan juga turut meramaikan pasar modal regional dengan penerbitan Eurobond pertamanya yang dicatatkan di Bursa Efek Singapura.

Pada bulan April 2008, Mobile-8 memperkenalkan fitur baru yaitu “World Passport”, dimana Mobile-8 menjadi operator CDMA pertama di dunia yang bergabung dengan Asosiasi GSM sehingga memungkinkan pelanggan Mobile-8 melakukan PT Smartfren Telecom, Tbk. adalah operator penyedia jasa telekomunikasi berbasis teknologi CDMA yang memiliki lisensi selular dan mobilitas terbatas (fixed wireless access), serta memiliki cakupan jaringan CDMA EV-DO (jaringan mobile broadband yang setara dengan 3G) yang terluas di Indonesia.

Smartfren juga merupakan operator telekomunikasi pertama di dunia yang menyediakan layanan CDMA EV-DO Rev. B (setara dengan 3,5G dengan kecepatan unduh s.d. 14,7 Mbps) dan operator CDMA pertama yang menyediakan layanan Blackberry.

Jasa dan layanan Smartfren memiliki nilai-nilai (values) yaitu sebagai mitra yang terbaik bagi pelanggan dengan menawarkan solusi yang cerdas dalam layanan-layanan telekomunikasi untuk meningkatkan pengalaman hidup pelanggan dalam berkomunikasi.

Sebagai operator CDMA yang menyediakan jaringan internet kecepatan tinggi bergerak (mobile broadband) yang terluas di Indonesia, Smartfren berkomitmen untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi yang terjangkau bagi masyarakat dengan kualitas terbaik.

‘The Best Call Center Award 2009’

Jakarta, 12 Maret 2009
Mobile-8 merupakan satu-satunya operator CDMA yang meraih penghargaan The Best Call Center 2009 untuk kategori Telecommunication dari Carre – Center of Customer Satisfaction & Loyalty (Carre- CCSL), yaitu sebuah lembaga independen yang khusus memberikan jasa konsultasi mengenai pengembangan pelayanan konsumen. Penghargaan tersebut ditujukan kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai memiliki layanan call center yang baik, dan diberikan sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi pelaku call center di Indonesia.

Fren Duo di Rekor MURI

Jakarta, 11 Juni 2009
Mobile-8 sebagai satu-satunya operator telekomunikasi yang memiliki dua lisensi untuk layanan seluler dan mobilitas terbatas (FWA), mendapatkan penghargaan dan pengakuan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) atas inovasinya dalam meluncurkan layanan Fren Duo.

Layanan ini memungkinkan pelanggan untuk menikmati manfaat-manfaat layanan seluler Fren dan nomor telepon rumah (FWA) di dalam satu kartu RUIM secara bersamaan (dual-on). Kehadiran Fren Duo semakin mempertegas Fren sebagai layanan seluler yang paling ‘hemat dan tidak repot.’

Peristiwa Penting 2009

29 Januari 2009    
Peluncuran layanan ‘Fren Sobat’, Jakarta Launching of ‘Fren Sobat’ service, Jakarta.

30 Januari 2009   
Edukasi CDMA di Wall Street Institute, Jakarta.
Educating the CDMA at Wall Street Institute, Jakarta.

4 Februari 2009
Peluncuran layanan ‘Mobi’ di Jakarta.
Launching of ‘Mobi’ sevice in Jakarta.

11 Februari 2009
    
Peluncuran program ‘Asuransi Kecelakaan’, Jakarta.
Launching of ‘Asuransi Kecelakaan’ program, Jakarta.

19 Februari 2009
Peluncuran layanan ‘Mobi’, Bandung.
Launching of ‘Mobi’ service in Bandung.

25Februari 2009    
Peluncuran FWA area baru, Yogyakarta. Launching of ‘FWA’ in a new area of Yogyakarta.

12 Maret 2009    
Meraih Penghargaan ‘The Best Call Center Award 2009’, Jakarta. Award winner of ‘The Best Call Center Award 2009’, Jakarta.

29 April 2009   
Rapat Umum Pemegang Obligasi, Restrukturisasi Obligasi Rupiah, Jakarta. Bondholders Meeting, IDR Bonds Restructuring, Jakarta.

5 Mei 2009  
Peluncuran ‘Paket Maxi’, produk baru Fren Paskabayar, Jakarta
Launching of ‘Paket Maxi’, a new product from Fren Paskabayar, Jakarta.

5 Mei 2009    
Peluncuran ‘Paket FWA Paskabayar’, Jakarta. Konferensi Pers.
Launching of ‘Paket FWA Postpaid’, Jakarta. Press Conference.

14 Mei 2009   
Peluncuran ‘PonselPay’, layanan pembayaran melalui telepon selular, Jakarta. Launching of ‘PonselPay’, a payment service through phone cellular, Jakarta.

15 Mei 2009  
Peluncuran ’Mobi USB Modem’. Konferensi Pers. Launching of ’Mobi USB Modem’. Press Conference.

29 Mei 2009
Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa, Perubahan Anggaran Dasar, Jakarta. Annual and Extraordinary General Meeting of Shareholders, Changes of Article of Association, Jakarta.

11 Juni 2009   
Hadir di Indonesia Cellular Show 2009, Jakarta. Present in Indonesia: Cellular Show 2009, Jakarta.

11 Juni 2009    
Peluncuran layanan ‘Fren Duo’, raih Rekor MURI, Jakarta. Launching ‘Fren Duo’ service, MURI Award, Jakarta.

12 Juni 2009    
Peluncuran program ‘Ayo Menabung’, Jakarta. Launching of ‘Ayo Menabung’ program, Jakarta.

19 Juni 2009   
Peluncuran ‘Mobi Unlimited’, Jakarta. Konferensi Pers. Launching of ‘Ayo Menabung’ program, Jakarta. Press Conference.

29 Juni 2009    
Rapat Umum Pemegang Obligasi, Finalisasi Restrukturisasi Obligasi Rupiah, Jakarta. Bondholders Meeting, Finalize IDR Bond’ Restructuring, Jakarta.

pandri-16.blogspot.com

0 komentar