Friday, January 3, 2014

Penemu Virus Komputer Pertama Di Dunia


       
Assalamu'alaikum rakan ,selamat malam . Terkadang terlintas di benak kita ,siapa sih penemu virus komputer pertama kali ? Virus komputer merupakan salah satu masalah yang paling sering kita jumpai . virus sangat berbahaya bagi komputer kita karena dapat mengancam data-data penting yang ada pada komputer kita. Penemu virus pertama kali di dunia adalah Rich Skrenta pada tahun 1982 dan berikut kisah singkat dari sang penemu virus komputer pertama ,

          Rich Skrenta,seorang anak yang dicap sebagai anak bandel karena ia membagi-bagikan software-software secara ilegal . karena keisengan dan kejailannya ,ia pun sering dijauhi teman-temannya di sekolah ,pada saat itu ia berumur 15 tahun dan bersekolah di SMA Mt. Lebanon highschool,pennsylvania,AS . hal jail yang sering dilakukan Rich adalah mematikan komputer temannya dengan bantuan flopy disk atau dengan menampilkan kalimat ejekan di monitor komputer milik teman-temannya .  memang sungguh jail si Rich ini .

          Pada suatu waktu ,Rich mempunyai ide untuk membuat sebuah program jahat tanpa menggunakan floppy disk .hal ini dilakukannya agar ia tidak selalu disalahkan teman-temannya atas perbuatan jail yang ia lakukan. Dan akhirnya ide isengnya ini berhasil ia wujudkan , program jahat itu bernama elk colner ,cara kerja virus elk colner adalah dengan cara menyebar dari komputer satu ke komputer lainnya melalui floppy disk dan biasanya disertai dengan munculnya puisi yang dibuat oleh Rich sendiri .

          Dalam hitungan bulan saja ,Rich telah berhasil membuat sekolahnya heboh dengan virus ini . bayangkan saja pada jaman dulu tidak ada antivirus yang bisa kita gunakan untuk menghapus virus yang telah menginfeksi data kita . Dan warga sekolah Rick pun dibuat bingung lantaran harus menghapus satu-persatu data yang terinfeksi virus ini .

          Hebatnya lagi ,virus yang diciptakan rich bisa menyebar hingga ke seluruh dunia . caranya begini , Rich mulai menginfeksi dan menyebarkan elk colner dalam sistem operasi apple II dengan teknik boot sector virus . virus ini akan memperbanyak dirinya secara otomatis jika terbawa ke komputer orang lain . memang virus ini tidak menyebabkan kerusakan fatal ,namun tetap saja kita akan dibuat pusing oleh virus ini.

          Jika komputer kita telah terinfeksi elk colner maka akan tampil pesan yang dibuat Rich sendiri,yaitu :

Elk Cloner: The program with a personality
It will get on all your disks
It will infiltrate your chips
Yes it’s Cloner!
It will stick to you like glue
It will modify RAM too
Send in the Cloner!

          Dan tak disangka ,anak yang dicap paling jail dan bandel di sekolahnya itu kini telah sukses dengan penemuannya dan kabarnya ia telah bekerja sebagai CEO di Blekko Inc. yaitu salah satu perusahaan search engine terkenal .

          Siapa sangka ,berawal dari sebuah keisengan ,kini ia telah menjadi orang yang sukses . sekian dulu postingan saya .semoga dapat kita ambil positifnya untuk kita semua ,wassalam .



1 comment:

  1. Dengan membaca artikel anda, pemahaman saya tentang komputerisasi menjadi bertambah.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Lembaga Pengembangan Komputerisasi yang bisa anda kunjungi di www.lepkom.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete